Contoh MC Pernikahan Profesional Dan Kriterianya

mc3

Teks MC pernikahanHai sobat Aquapedia, bagi kalian yang ingin menjadi MC, pertama-tama harus mencari gambar bacaan MC atau teks agenda. Hal ini diperlukan agar dapat tampil maksimal saat menjalankan tugas MC. 

Selain itu, MC pernikahan harus terlebih dahulu mengidentifikasi hierarki aktivitas sebelum aktivitas dapat berjalan. Tahapan ini dicoba agar MC bisa mengatur durasi dan jadwal pembacaan yang sesuai.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pembawa acara atau MC pernikahan adalah orang yang memandu seluruh proses acara.

Dalam sebuah pesta pernikahan, pembawa acara memegang peranan yang sangat penting dalam menyukseskan ikrar suci, seperti mengkoordinir pihak-pihak yang terlibat, membuat naskah pernikahan, memperkenalkan tamu dan anggota keluarga, menciptakan suasana, membuatnya lebih hidup, dan memastikan semuanya berjalan lancar.

Tentu saja, semua tugas ini harus dipertimbangkan. Itu sebabnya Anda, calon pengantin, perlu berhati-hati dalam memilih MC pernikahan yang tepat. 

Beberapa dari Anda mungkin lebih suka kehadiran kerabat dekat saat mereka membimbing Anda melewati saat-saat bahagia. Apalagi jika Anda sedang merencanakan pesta dengan konsep micro wedding.

Selain bisa berhemat, kemungkinan Anda sudah mengetahui kepribadian dan pengalaman public speaking mereka. Tentu saja, ini sangat diperbolehkan, tetapi perlu diingat bahwa tidak semua orang bertindak pada tingkat tinggi selama waktu suci.

Nah, setelah mengetahui tentang beberapa pembawa acara pernikahan, apakah Anda tertarik untuk menggunakan MC pernikahan? 

Nah, sebelum itu, bagi calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa tips memilih pembawa acara pernikahan. Jadi, baca terus postingan ini sampai selesai ya?

Tips Rahasia Memilih MC Pernikahan Dengan Benar

MC pernikahan

1. Kriteria

Tips pertama yang harus diperhatikan sebelum memutuskan pembawa MC pernikahan mana yang akan digunakan adalah menentukan kriteria. 

Bicaralah dengan pasangan atau keluarga lain yang lebih tahu apa saja kriteria MC pernikahan yang bisa digunakan di pesta pernikahan Anda.

Bisa juga terkait dengan tema pernikahan yang akan datang. Artinya tentukan dulu tema pernikahannya, baru kemudian mulai memilah MC mana yang paling cocok untuk acara tersebut.

Jika Anda menginginkan pernikahan adat dengan tata cara dan standar yang telah ditetapkan, maka sebaiknya pilihlah MC pernikahan yang mengerti bahasa setempat. 

Tujuannya jelas agar MC pernikahan tidak salah mengucapkan atau menghindari kemungkinan kesalahpahaman akibat kurang paham dengan bahasa yang disampaikan.

Begitu juga jika pernikahan bertema internasional dan kebanyakan tamu tidak berbicara bahasa Indonesia, melainkan bahasa asing. Yang jelas, Anda harus memilih MC pernikahan yang juga fasih berbahasa asing. 

Anda harus ingat bahwa ini adalah pernikahan sekali seumur hidup dan Anda mempertaruhkan acara dan nama baik Anda dari MC pernikahan.

2. Sesuaikan Dengan Anggaran

Besar kecilnya budget menjadi salah satu pertimbangan utama bagi kedua mempelai untuk menyewa seorang pembawa acara pernikahan. 

Kadang-kadang Anda telah mengumpulkan beberapa nama yang akan menjadi inti dari perayaan Anda, namun anggaran yang tersedia membingungkan Anda, sehingga butuh waktu lebih lama untuk memastikannya. 

Sebaiknya MC pernikahan mengalokasikan tidak lebih dari 5% dari total biaya pernikahan. Jadi, pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kemampuan Anda.

3. Perhatikan Layanan Yang Disediakan

Sudahkah Anda memeriksa harga penawaran MC pernikahan? Sekarang, pertimbangkan layanan apa yang dapat mereka tawarkan. Apakah ini termasuk tata rias, pakaian, dan konseling? Bagaimana dengan rangkaian persiapan sebelum hari-H? 

Apakah mereka akan tetap berpartisipasi dalam pertemuan teknis dan latihan? Beberapa MC pernikahan mungkin juga memiliki asisten tambahan untuk membantu mereka, belum lagi properti dan perlengkapan khusus. Jadi, diskusikan sekarang untuk lebih jelasnya.

4. Perhatikan Cara Mereka Menyajikan Acara Tersebut

Setiap MC pernikahan profesional selalu memiliki ciri khas tersendiri dalam bersikap. Saat berbicara di depan tamu undangan, Anda mungkin harus benar-benar memperhatikan gaya mereka. 

Cari tahu lebih lanjut dengan melihat sebagian besar acara yang mereka selenggarakan. Lalu, tanyakan pada diri sendiri. Apakah konsep pernikahan Anda akan sesuai dengan gaya MC?

5. Periksa Ketersediaan Tanggal

Mengingat sebagian besar MC pernikahan memiliki jadwal yang sangat sibuk, harap tanyakan kepada MC pilihan Anda untuk mengetahui apakah mereka dapat menjadi tuan rumah pada tanggal yang telah Anda tetapkan. Jadi, hindari kencan mendadak. 

Karena setiap MC pernikahan tidak hanya perlu menyesuaikan dengan jadwal masing-masing, tetapi juga perlu melakukan persiapan yang matang.

6. Cari Tahu Rekam Jejak MC

Ingat, tidak semua orang yang berperan sebagai MC adalah MC pernikahan. Sementara kemampuan mereka sebagai pembawa acara tidak perlu diragukan lagi, kebanyakan dari mereka hanya berspesialisasi dalam acara-acara tertentu. 

Jadi pastikan Anda memilih orang yang benar-benar berpengalaman dalam menangani pernikahan

7. Bahasa Yang Dikuasai

Apa kemampuan bahasa MC pernikahan? Apakah dia pandai Bahasa Indonesia, atau Anda mencari pembawa acara yang fasih berbahasa lain? Perhatikan baik-baik detail profil mereka untuk melihat bahasa apa yang mereka gunakan. 

Pastikan MC pernikahan yang Anda pilih memiliki keleluasaan untuk menggunakan bahasa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Chemistry Dengan Para Tamu

Jika Anda lebih memilih MC pernikahan profesional daripada mendapatkan MC dari keluarga terdekat Anda, perhatikan juga kepribadiannya. Bisakah dia menciptakan suasana yang lebih riuh? 

Bagaimana hubungannya dengan keluarga Anda dan tamu undangan yang hadir? Oleh karena itu, calon pengantin juga harus memahami kemampuan pembawa acara dalam berinteraksi dengan para tamu.

9. Memiliki Selera Humor

Ya, inilah yang harus Anda perhatikan saat memilih MC pernikahan. Meskipun pernikahan memang merupakan hal sakral yang harus ditanggapi dengan serius, yakinlah jika hal ini terus berlanjut, perselingkuhan akan menjadi membosankan dan monoton.

10. Profesional

Pembacaan-Susunan-Acara

Ini adalah tip ketiga yang juga harus Anda pertimbangkan. Pastikan untuk memilih pembawa acara pernikahan profesional. Ketika Anda bertemu dengannya dan berbicara dengannya untuk pertama kali, Anda dapat menunjukkan profesionalismenya. Selain itu, para profesional biasanya memiliki dokumen dan portofolio sendiri.

Anda juga bisa meminta MC untuk menunjukkan salah satunya sebagai contoh. Anda juga dapat menemukan cara mudah lainnya untuk melakukannya di media sosial. Ya, media sosial saat ini memang bisa dijadikan kunci untuk mengetahui apakah seseorang sudah siap dengan pekerjaannya. Lebih mudah, bukan?

Contoh Teks MC Pernikahan Kekinian

mc-2

1. Salam Pembuka

Assalamualaikum, serta rahmat dan berka

Kepada yang terhormat Bapak(………….), dan tidak lupa hadirnya para tamu undangan yang anda hormati. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas segala karunia, rahmat, taufik dan hidayah-Nya yang melimpah.

Sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini, yang jika Tuhan menghendaki, akan dimuliakan. Sehat menghadiri (…..) acara keluarga besar dan ibu menghadiri pernikahan anak perempuan (…..) dengan kerabat (…..) dari keluarga besar Bapak (…..)

2. Pembacaan Ayat Suci Al – Quran

Naskah MC pernikahan kedua tersebut berbunyi seperti ini: Kegiatan selanjutnya adalah pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an, oleh Anda (…), di setiap tempat dan waktu. Saudara selesai berkata, “Untuk Anda, kami berterima kasih banyak karena telah membacakan Al-Qur’an yang sangat menyentuh hati. Semoga dengan membaca ayat-ayat suci ini, kita dapat menjadi syafaat bagi kehidupan, terutama untuk kedua mempelai.

3. Penyerahan Dari Keluarga Mempelai Wanita

Contoh baris MC untuk pernikahan berikutnya adalah sebagai berikut: Memasuki adegan ketiga yaitu serah terima dari keluarga mempelai wanita kepada keluarga mempelai pria Dear Sir (………)

Oleh karena itu kami sangat berterimakasih atas sambutan serah terima dari Bapak (……….) kepada Bapak Terimalah dengan sepenuh hati, tanpa kekurangan atau kelebihan apapun.

4. Penerimaan Keluarga Mempelai Pria

Pembawa acara kemudian melanjutkan naskahnya: acara selanjutnya adalah penyambutan pesta mempelai pria, dengan sambutan dari Bapak (…) pada waktu dan tempat yang kami undang.

Jadi, kami dengan hati-hati menyaksikan upacara serah terima kedua mempelai. Marilah kita bersama-sama berdoa agar kedua mempelai mendapatkan rahmat dan berkah yang melimpah dari Allah SWT. Jadi, insya Allah, kita bisa membangun kehidupan keluarga yang bahagia dan tertutup. Amin, Amin Yarrow bal Alamin.

5. Siraman Rohani Atau Nasihat Pernikahan

Contoh Teks Pernikahan MC selanjutnya adalah Nasihat Nikah atau disebut juga dengan Spiritual Cleansing sebagai berikut: Kita sampai pada acara selanjutnya yaitu Nasehat Nikah yang diberikan oleh Bpk. (………).

Setelah lamaran pernikahan disampaikan atau selesai, tuan rumah akan menyelenggarakan acara lagi, seperti contoh di bawah ini: “Kami menghargai proposal pernikahan yang Anda sampaikan.

Semoga nasehat ini bermanfaat bagi calon pengantin dan kita semua dan semoga calon pengantin menjadi keluarga yang bahagia, rukun dan sakinah, mawaddah wa rahmah.

6. Penutup Dan Doa

“Bapak, Ibu, Kakak dan Adik sangat senang sekali. Acara demi acara berlangsung bersama-sama. Sekarang adalah akhir dari acara, penutupan acara dan pembacaan doa, yang diresmikan oleh undangan kami yang terhormat Bapak ( ).

Doa dibacakan dan selesai. Pembawa acara menutup acara dengan teks pembawa acara pernikahan berikut: “Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita semua dan terima kasih kepada Anda yang memimpin doa.”

Demikian komentar pada “Lihat Tips Memilih MC” dan “Contoh Teks MC Pernikahan”. Semoga berhasil.

Jika Aquapedia tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang konten lain, Aquapedia dapat mempelajari lebih lanjut dengan mengunjungi website kami atau membaca buku.